Cara Mudah Menggunakan Google AdWords Keyword Planner

Cara Mudah Menggunakan Google AdWords Keyword Planner
Cara menggunakan Google AdWords Keyword Planner untuk riset menemukan ide-ide keyword baru yang relevan. Tutorial ditujukan bagi pemula khususnya internet marketer yang baru mulai menjalankan bisnis online.

Daftar keyword dari hasil riset ini nantinya akan berguna untuk membuat kampanye iklan atau sebagai konten situs bisnis anda.

Baca:
Cara Membuat Iklan di Google
Cara Membuat Iklan di YouTube

Untuk menggunakan Keyword Planner, anda harus memiliki akun AdWords. Berikut step by step cara riset keyword menggunakan Keyword Planner.

Step #1 Mendaftar Akun Google AdWords

Sebelum membuat akun AdWords, anda harus memiliki akun Google yaitu Gmail. Jika belum punya, silahkan mendaftar di mail.google.com dan gunakan alamat email anda untuk masuk ke akun AdWords.

Baca: Cara Membuat Akun Gmail

1. Mulai membuat akun AdWords sebelum menggunakan Keyword Planner, kunjungi adwords.google.com/KeywordPlanner dan Sign in.

2. Setelah masuk, klik I AGREE dengan syarat dan ketentuan periklanan AdWords.

3. Enter alamat Gmail dan password anda untuk membuat akun AdWords baru. Enter alamat situs web bisnis yang ingin anda iklankan. Kemudian klik Continue.

4. Pada halaman welcome, anda disarankan untuk langsung membuat advertising AdWords. Klik Skip the guided setup untuk melewati step ini.


Pendaftaran akun AdWords anda telah selesai. Selanjutnya pada pengaturan informasi billing dan pembayaran iklan, silahkan isi dan sesuaikan untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Klik Save and Continue untuk melanjutkan.

Step #2 Menggunakan Keyword Planner

Setelah menyelesaikan pendaftaran akun AdWords baru, anda berada pada halaman awal pengelolaan kampanye, klik menu tools dan pilih Keyword Planner.


1. Pada halaman Keyword Planner, pada opsi Find new keyword pilih Search for new keyword using a phrase, website or category. Misalnya untuk produk jas blazer pria.


• Enter target keyword anda pada kotak product or service
• Untuk landing page dan kategori produk opsional
• Rubah setelan bahasa dan lokasi menjadi Indonesia dengan mengklik icon edit dan Save.
• Pengaturan lainnya opsional, klik tombol Get ideas untuk mendapatkan ide keyword.

2. Pada tab Keyword ideas, anda akan melihat ide-ide keyword. Tentukan target keyword yang relevan dengan bisnis anda. Kemudian simpan daftar keyword pada notepad.



Data yang anda perlukan adalah volume Rata-rata pencarian bulanan. Artinya keyword yang anda pilih memiliki jumlah percarian banyak, akan membanyak perolehan traffic.

Sedangkan data tingkat kompetisi (High, Medium dan Low) mengacu pada tingkat kompetisi dengan advertiser lainnya di lelang iklan AdWords.

Demikian cara menggunakan Google AdWords Keyword Planner dengan mudah.

Back To Top