Cara Pasang Iklan di Google AdWords Search Network

Cara Pasang Iklan Google Search Network
Tutorial sederhana cara pasang iklan di Google search atau membuat iklan di mesin pencari Google. Bagi bagi pemula agar mempercepat proses pembelajaran promosi situs bisnis mereka.

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum mulai menampilkan iklan adalah menentukan tujuan pemasaran online anda.

Misalnya memiliki toko online dengan konten produk komputer atau laptop, anda nantinya bisa membuat satu kampanye khusus untuk penjualan masing-masing merk. Anda perlu membuat beberapa pilihan penting saat menyiapkan kampanye dengan tujuan pemasaran yang jelas.
  • Peningkatan penjualan di situs bisnis anda
  • Memperbanyak pendaftaran member baru
  • Meningkatkan traffic atau tampilan halaman situs web

Pertama buat akun AdWords, untuk mulai mendaftar kunjungi adwords.google.com dan klik tombol Start now. Untuk pendaftaran instan, gunakan akun Gmail, enter alamat email dan password anda, lalu Sign in.

Sekarang anda memiliki akun AdWords baru. Begitu masuk pada halaman welcome, anda melihat rekomendasi untuk langsung membuat iklan secara cepat. Klik Skip this guided setup untuk beralih ke halaman pembuatan kampanye pertama.

Di halaman kampanye, klik tombol Create your first campaign untuk mulai menerbitkan iklan.


Step 1 Memilih Setelan Kampanye

1.1. Tipe Kampanye

Iklan teks muncul di pencarian Google saat orang mencari produk/jasa anda.

Campaign name: berikan nama kampanye anda, misalnya: produk nomor 1.

Type: Search Network only dengan subtipe Standar. Sebagai pengiklan baru hanya menyiapkan kampanye dengan cepat tanpa banyak opsi tambahan.

Network: Google Search Network, hapus centang Include search partners karena iklan hanya akan ditampilkan di Googe search engine saja.

Memilih tipe iklan Google Search Network

1.2. Penargetan Audien

Pilih target audien anda meliputi lokasi dan bahasa situs yang digunakan untuk menampilkan iklan. Apakah tertuju di daerah tertentu atau tersebar di seluruh Indonesia. Anda juga memiliki opsi untuk penargetan dengan memilih kota atau wilayah tertentu.

Menentukan target audien

Untuk penargetan perangkat, secara default iklan akan ditampilkan pada peranghkat desktop dan mobile. Anda dapat mengaturnya nanti setelah selesai pembuatan kampanye pada latform AdWords.

1.3. Strategi Bid

Selanjutnya terdapat 2 opsi tawaran BPK (Biaya Per Klik) yang dapat anda gunakan. Tawaran iklan dengan harga maksimal yang bersedia anda bayar saat calon pelanggan mengeklik iklan.
  • AdWords mengelola tawaran secara otomatis untuk klik iklan sesuai anggaran anda. Strategi bid ini sederhana untuk pengiklan baru yang tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk mengelola tawaran.
  • Menggunakan tawaran manual dengan menetapkan jumlah tawaran BPK maksimum. Strategi bid manual cocok untuk pengiklan berpengalaman yang memiliki banyak waktu untuk meninjau akun AdWords secara teratur dan menyesuaikan tawaran untuk mengoptimalkan kinerjanya iklan.

Menentukan strategi penawaran

Rekomendasi memilih penawaran manual karena akan lebih menghemat budget. Yakni menentukan sendiri tawaran harga per klik keyword sesuai kondisi budget anda. Umumnya semakin tinggi tawaran menjadikan posisi iklan muncul lebih tinggi di halaman hasil pencarian Google.

Sebagai pengiklan pemula, anda dapat menyiapkan anggaran Rp500.000. Pada pembuatan kampanye pertama ini alokasikan Rp50.000 untuk anggaran harian dan Rp2.000 untuk tawaran harga per klik iklan.

1.4. Tambahan Ekstensi Iklan

Sebagai pengiklan baru lewati opsi setelan tambahan fitur Ekstensi iklan ini. Klik Save and continue.


Step 2 Membuat Grup Iklan

Setelah memilih setelan kampanye, saatnya membuat grup iklan untuk menglompokkan penargetan iklan kepada calon pelanggan yang tepat. Grup iklan adalah tempat menulis teks iklan dan menentukan keyword yang dapat memicu iklan tayang. Setiap kampanye membutuhkan setidaknya 1 grup iklan dan setiap grup iklan memerlukan setidaknya 1 iklan.

Untuk hasil terbaik, disarankan membuat setidaknya 2 grup iklan dan hingga 3 iklan di masing-masing grup iklan. Grup iklan hendaknya dibuat berdasarkan tema spesifik dengan teks iklan anda. Kemudian membuat berbagai pesan iklan dan AdWords secara otomatis akan menjalankan versi iklan yang berkinerja lebih baik.

Membuat Grup iklan baru

2.1. Enter URL Landing Page

Landing page yakni halaman arahan tempat berkunjung orang setelah mereka mengklik iklan. Konten landing page harus langsung terkait dengan apa yang anda iklankan.

Semakin mudah anda membuat landing page bagi pelanggan untuk menemukan apa yang mereka cari, semakin besar potensi mereka melakukan tindakan (pembelian atau pendaftaran.

2.2. Nama Grup Iklan

Berikan nama gup iklan anda berdasarkan pengleompokan yang spesifik. Berdasarkan kategori produk atau berdasarkan kata tambahan pada masing-masing target keyword.

Misalnya untuk keyword jual laptop murah, jual laptop online, laptop 123 murah dengan beberapa keyword mirip lainnya. Anda dapat mengelompokkan daftar keyword dan membuat grup iklan berdasarkan kata murah, online dan 123.

2.3. Tentukan Keyword yang Tepat

Agar iklan tampil saat orang mencari produk atau layanan anda, anda harus menentukan keyword dengan kata yang mirip atau frasa yang digunakan orang saat melakukan pencarian mereka. Bila istilah penelusuran seseorang serupa dengan keyword dan teks iklan anda, maka iklan layak tampil di hasil pencarian.

Gunakan Keyword Planner untuk mendapatkan ide keyword dan perkiraan lalu lintas. Anda dapat mencari ide keyword dan grup iklan untuk membuat daftar keyword baru. Untuk tutorial riset keyword,

Baca: Cara Menggunakan Google AdWords Keyword Planner

Setelah selesai melakukan riset dan menentukan daftar keyword, enter keyword yang sesuai dengan tema grup iklan. Klik Continue to ads.

Step 3 Membuat Iklan

Sebagian besar pengiklan baru menggunakan iklan teks yang muncul di dekat hasil pencarian di Google Search Network. Untuk menarik klik, sebaiknya menulis iklan yang menarik dan relevan dengan apa yang dicari calon pelanggan.

Membuat iklan teks

Klik link View more untuk mendapatkan lebih banyak contoh sebagai ide pembuatan iklan teks. Iklan teks Search Network memiliki beberapa bagian:
  • Final URL: URL landing page anda
  • Judul 1: 30 karakter
  • Judul 2: 30 karakter
  • Deskripsi: 80 karakter
  • 2 Jalur: Masing-masing 15 karakter untuk menggambarkan koten produk atau jasa di tampilan iklan.
  • URL Final merupakan URL display yang menunjukkan alamat situs web anda. Terdiri dari domain dan tanbahan teks di bidang "Jalur" (opsional). Teks jalur tidak harus sama dengan URL asli landing page anda.

Judul

Orang-orang cenderung memperhatikan teks utama, jadi pertimbangkanlah kata-kata yang menarik orang dalam pencarian Google karena bagian dari iklan yang dilihat lebih dulu. Jadi kesempatan bagus untuk menarik perhatian audien.

Deskripsi

Gunakan deskripsi untuk rincian produk atau jasa yang anda tawarkan. Sertakan "ajakan bertindak" yang akan diambil pelanggan anda. Misalnya beli sekarang, order hari ini, book sekarang dan lainnya.

Buat 2-3 variasi iklan yang berbeda di setiap grup iklan dengan judul yang berbeda sehingga anda dapat melihat iklan yang berkinerja lebih baik. AdWords akan secara otomatis menampilkan iklan dengan kinerja terbaik.

Setelah selesai memilih setelan kampanye, membuat grup iklan dan iklan. Review campaign atau periksa lagi apabila masih diperlukan perubahan.

Step 4 Tinjau Grup Iklan

Untuk menjangkau calon pelanggan secara efektif, pastikan iklan teks yang anda buat informatif, relevan dan menarik. Namun anda dapat melakukan pengaturan ulang pada keseluruhan kampanye nanti di platform AdWords.

Buat kampanye iklan pertama anda dengan Save and finish.

Proses peninjauan dimulai secara otomatis, semua aspek iklan akan ditinjau oleh tim Google AdWords sebelum tayang. Aspek peninjauan menurut kebijakan periklanan AdWords. Sebagian besar iklan ditinjau paling lama dalam 1 hari kerja. Jika iklan layak, peninjauan hanya memerlukan beberapa menit untuk tayang dan berjalan.

Kampanye iklan dalam proses peninjauan sebelum tampil

Setelah iklan berjalan, anda dapat mulai mengumpulkan data tentang kinerja iklan. Periksa akun AdWords setidaknya setiap minggu untuk melihat iklan dan keyword yang bekerja atau tidak untuk anda. Kemudian menggunakan informasi ini untuk melakukan penyesuaian terhadap kampanye dan pada akhirnya meningkatkan laba atas investasi.

Demikian tutorial cara membuat iklan di Google Search Network. Anda juga dapat memperoleh panduan premium untuk materi belajar lebih lengkap:

Tutorial Google Search Network
Panduan Pemula step by step cara mudah membuat iklan online di mesin pencari Google
Back To Top